Ajarkan Ilmu Agama, Suparman Mannuhung Ingatkan Mahasiswa Rajin Salat dan Baca Al Qur’an

Suasana belajar ilmu agama islam yang dibawakan oleh Ustadz Suparman Mannuhung, di Masjid Nurul Amiin Universitas Andi Djemma Palopo, Kelurahan Tompotikka, Kecamatan Wara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Kamis 07 Desember 2023. Foto : Ist

KATASATU.co.id – Ustadz Suparman Mannuhung, sekaligus Dosen Pendidikan Agama Islam di Universitas Andi Djemma Palopo, kali ini mengajarkan Huruf Hijaiyah kepada Mahasiswa dan Mahasiswi nya di Masjid Nurul Amiin Universitas Andi Djemma Palopo, Kelurahan Tompotikka, Kecamatan Wara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, sekira pukul 08.30 Wita, Kamis 07 Desember 2023.

Selain huruf Hijaiyah, Ustadz Suparman juga mengenalkan bacaan Al-Qamariyyah dan Asy-Syamsiyyah kepada 33 orang Mahasiswa dan Mahasiswi yang terdiri dari Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik semester 1 Universitas Andi Djemma Palopo.

Bacaan Lainnya

“Tujuan dari pembelajaran Huruf Hijaiyah ini adalah agar mahasiswa mahasiswi mampu mengenal dan menghafalnya dengan baik dan benar supaya bisa membaca tulisan Alquran dan tulisan Arab,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ustadz Suparman menerangkan bahwa huruf Hijaiyah ada 30 huruf, 14 huruf Al-Qamariyyah dan 14 huruf Asy-Syamsiyyah.

“Huruf Hijaiyah yaitu, ا ب ت ث ج ح خ د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ع غ ف ق ك ل م ن و ه لاء ي , untuk huruf Al-Qamariyyah itu artinya di baca jelas bila bertemu huruf ا ب ج ح خ ع غ ف ق ك م و ه ي , contohnya الباب، الحمد . Sementara Huruf Asy-Syamsiyyah, artinya melebur pada huruf setelahnya, bila bertemu dengan huruf ت ث د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ل ن , contohnya, الدين، الرحيم ,” terangnya.

Melalui kesempatan itu, Nafa Fadila mahasiswi yang hadir dalam kegiatan tersebut, mengungkapkan jika materi pengenalan huruf Hijaiyah, serta cara bacaan Al-Qamariyyah dan Asy-Syamsiyyah sangat bermanfaat, karena kita bisa membaca Alquran dan bahasa Arab dengan baik dan benar.

“Materi yang dibawakan bapak dosen, bagi saya sangat bermanfaat, kemudian penyampaian materinya juga menarik dan mudah dipahami. Alhamdulillah sekarang saya sudah faham, semoga ilmu yang saya dapat hari ini, bisa saya amalkan, terimakasih banyak Ustadz,” ungkapnya.

Sementara Baso Yusbar, salah satu mahasiswa yang juga hadir mengatakan bahwa materi yang diterima dari bapak dosen membuat dirinya lebih semangat dan rajin lagi untuk memperdalam ilmu agama islam.

“Alhamdulillah, dengan dilaksanakannya kegiatan seperti ini oleh bapak dosen, membuat kami sebagai mahasiswa khususnya saya sendiri, untuk lebih rajin lagi mengenal huruf Hijaiyah dan lebih memperdalam ilmu agama islam,” katanya.

Diakhir kegiatan, Suparman Mannuhung mengimbau agar mahasiswa mahasiswi nya, mampu menghafalkan Huruf Hijaiyah, mengenal huruf Al-Qamariyyah serta Asy-Syamsiyyah, sehingga mampu membedakannya dengan baik dan benar.

“Saya juga mengimbau kepada mahasiswa mahasiswi agar lebih semangat dan rajin belajar Alquran, karena Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya, sebaik-baik diantara kalian adalah yang mau belajar Alquran dan mau mengajarkannya. Dan juga jangan lupa rajin mengaji, hafal surah-surah pendek, dan laksanakan salat liwa waktu dengan baik dan benar,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *