Bawakan Materi “Latnister” Danramil 1403-06 Palopo, Ajarkan Prajurit Asah Keterampilan

PALOPO | KATASATU.co id – Komando Distrik Militer (Kodim) 1403 Sawerigading, gelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister) Tahun Anggaran 2020 di Aula Sudirman Kodim.

Latnister yang digelar selama lima hari itu, diikuti sekitar 130 prajurit, terdiri dari Danramil dan Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut, guna meningkatkan pengetahuan kinerja serta kemampuan teritorial para Babinsa, sebagai bekal penerapan masyarakat yang berubah-ubah, seiring perubahan kondisi sosial ekonomi dan budaya.

Dalam materinya, Danramil 1403-06 Palopo mengatakan, Latnister bertujuan memelihara dan meningkatkan penguasaan serta keterampilan para Babinsa, agar memiliki kecakapan dalam tugas secara perorangan maupun dalam kelompok.

“Sebagai ujung tombak TNI, diharapkan kegiatan ini, dapat menambah ilmu dan wawasan, untuk kemudian di aplikasikan seiring perkembangan teknologi,” kata Kapten Inf Alex Makale, Jumat (13/3/2020).

Lanjut dia, kegiatan tersebut merupakan wujud upaya mengasah kemampuan para prajurit, demi mendukung suksesnya Pembinaan Teritorial (Binter) dilapangan.

“Binter itu, untuk mengolah potensi wilayah, seperti geografi, demografi, maupun kondisi sosial menjadi kekuatan yang diperlukan, untuk kepentingan pertahanan negara,” tambah Danramil.

Lebih jauh, dirinya menambahkan bahwa, “Kemampuan Babinsa meliputi cara memperoleh informasi dan melaporkan dengan cepat, serta tata cara komunikasi masyarakat,” kunci Alex Makale.

Usai menerima materi, dilanjutkan dengan praktek langsung, terkait tata cara pengaplikasian di lapangan, kususnya dalam teknik pengumpulan data, kepada Babinsa. (Fatma)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.