Dinkes Luwu Gelar Bimtek SPP-IRT Bagi IRTP

  • Whatsapp

LUWU – Bimbingan Teknis (Bimtek) keamanan pangan digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Luwu, di salah satu Hotel dibilangan Kecamatan Belopa, Senin (7/6/2021).

Bimtek tersebut dalam rangka Sertifikasi Produk Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) bagi para pelaku usaha Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) se Kabupaten Luwu.

Bacaan Lainnya

Dalam laporannya, Plt Kepala Dinkes mengungkapkan dimana Bimtek ini bertujuan untuk memberikan sertifikat penyuluhan keamanan pangan kepada setiap pelaku usaha IRTP.

“Ini juga merupakan syarat dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu bagi mereka yang ingin mendapatkan izin pelaku industri rumah tangga,” kata Rosnawari.

Lanjut Rosnawary, kegiatan tersebut akan berlangsung selama dua hari dan di ikuti sebanyak 80 peserta yang terbagi dalam 2 gelombang, dimana setiap gelombang akan di si 40 peserta pada Oktober 2021 mendatang.

“Usai Bimtek, sertifikat bias dibwa langsung ke Bidang Pelayanan kesehatan Dinkes Luwu, untuk kemudian diuruskan perizinan industri rumah tangga di DPMPTSP,” paparnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Luwu dalam sambutannya megapresiasi kinerja Dinkes dalam usahanya memastikan produk pangan industri rumah tangga agar memiliki izin dan tersertifikasi keamanan pangan.

“Dinkes tidak henti-hentinya mencari industri rumah tangga dibidang pangan dalam upaya sertifikat ini agar kedepannya semua tersertifikasi,” ucap Hayarna Basmin.

Ia berharap, seluruh peserta Bimtek dapat mengikuti dengan cermat setiap materi yang akan diberikan guna mengembangkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan bagi pelaku usaha industri rumah tangga.

“Dari Bimtek ini, pelaku usaha diharapkan mampu menghasilkan produk pangan yang memiliki izin yang aman tentunya bermutu serta layak konsumsi,” tutup Ketua TP-PKK.

Terlibat sebagai narasumber dalam Bimtek yakni, Kepala LOKA Pengawas Obat dan Makanan (POM) Palopo, Mardianto.

Editor: Muh Ishari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *