Jalan Trans Sulawesi Digenangi Lumpur, Warga Salociu Geram

Banjir dan luapan lumpur di Desa Ussu, Kecamatan Malili, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Senin 12 Februari 2024. Foto : Istimewa

KATASATU.co.id – Warga Salociu, harus kembali merasakan banjir dan luapan lumpur. Tidak hanya di pemukiman, namun juga menggenangi jalan trans sulawesi yang terletak di Desa Ussu, Kecamatan Malili, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Senin 12 Februari 2024.

Luapan lumpur tersebut di duga berasal dari aktivitas perusahaan tambang nikel yang beberapa tahun sebelumnya, dikabarkan berhenti beroperasi, yaitu PT Prima Utama Lestari (PUL).

Bacaan Lainnya

Salah satu warga Salociu Desa Ussu, Imran mengungkapkan bahwa luapan lumpur tersebut sudah terjadi beberapa kali sebelumnya. Menurutnya, kondisinya saat ini tepat hujan turun.

Imran menambahkan, bahwa luapan lumpur terjadi di duga kolam pengendapan (Sediment pond) jebol kemudian tertampung dan terbawa air, karena posisi PT PUL berada di atas pegunungan.

“Luapan lumpur ini sempat mengganggu arus transportasi di jalan poros trans Sulawesi, yang menghubungkan Luwu Timur Sulawesi Selatan, dengan Sulawesi Tengah. Perusahaan harus bertanggung jawab dan mencari solusi agar tidak terulang lagi, sebab warga setempat yang bermukim disekitar itu sudah merasa takut,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *