Kelulusan Siswa di Palopo Diumumkan Secara Online

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo, Asnita Darwis

PALOPO — Akibat dampak wabah pandemi Covid-19, daftar kelulusan para siswa SD/SMP/SMA/SMA sederajat akan diumumkan secara online.

Itu berdasararkan surat edaran internal Nomor 42 1/5.16/Disdik/IV/2020, tentang penyelenggaraan pendidikan dalam rangka mencegah sebaran covid-19, yang disampaikan Kadisdik Palopo, Asnita Darwis.

Bacaan Lainnya

“Secara tekhnis akan dikirim ke group WhatsApp masing-masing sekolah, semuanya tetap sesuai kalender pendidikan, hanya mekanisme yang menyesuaikan dengan masa darurat kesehatan,”kata Asnita.

Lanjut Kadisdik, secara online sudah dilakukan sejak tahun 2019 lalu, namun hanya terkendala masa darurat. Sistem ini lebih dikembangkan yang menghindarkan calon pendaftar datang ke sekolah.

“Hal ini sesuai petunjuk walikota untuk tidak digelar secara bergiliran, jika sifatnya mendesak, dapat ke sekolah untuk melaksnakan tugas,” papar Kadisdik.

Lebih jauh, pasca pengumuman penandatanganan ijazah akan tetap dilakukan dengan tetap mengedepankan sesuai protokol kesehatan.

“Tetap digelar secara bergiliran oleh masing-masing sekolah, guna mencegah sebaran virus corona,” kunci Asnita Darwis.

Diketahui, ketentuan dalam Peraturan Sekjend Nomor 2 Tahun 2020 tentang Spesifikasi Teknis, Bentuk, dan Tata Cara Pengisian Blangko Ijazah Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Tahun Pelajaran 2019/2020, diubah sebagai berikut.

Untuk tekhnis lainnya, tertuang dalam Peraturan Sekjend Kemendikbud Nomor 5 Tahun 2020 Tentang
Perubahan Atas Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2 Tahun 2020, nomor : 41427/A5/HK/2029.

Adapun poin Ketentuan Pasal 7 diubah, Tanggal kelulusan SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMK, SMALB, Program Paket A, Program Paket B, Program Paket C, atau sederajat ditetapkan secara nasional sebagai beriku.

Kelulusan SD, SDLB, Program Paket A atau sederajat ditetapkan tanggal 15 Juni2020.

Kelulusan SMP, SMPLB, Program Paket B atau sederajat ditetapkan tanggal 5 Juni 2020.

Kelulusan SMA, SMALB, SMK, Program Paket C atau sederajat ditetapkan tanggal 2 Mei 2020. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.