Masa Belajar dari Rumah Untuk Siswa di Palopo Kembali Diperpanjang

PALOPO — Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo kembali memperpanjang pelaksanaan masa belajar dari rumah kepada seluruh peserta didik jenjang PAUD, SD/MI/, SMP/MTs dan SMA/SMK, hingga tanggal 11 Juli 2020.

Keputusan itu tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Nomor:421/627/Disdik/V/2020, tentang perpanjangan penerapan sistem belajar dari rumah, dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo mengatakan, perpanjangan tersebut, masih dipicu masa situasi darurat Covid-19, dimana seluruh peserta didik dan guru wajib melakukan proses belajar mengajar dari rumah.

“Sesuai pesan Wali Kota, kebijakan ini masih diperlukan. Selain itu kepala sekolah juga wajib menyiapkan sarana cuci tangan dan sterilisasi dilingkungan sekolah,” kata Asnita Darwis, Sabtu (30/5/2020).

Ditambahkan Asnita, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga telah melakukan berbagai penyesuaian pembelajaran selama masa pandemi, agar tidak membebani guru dan orangtua.

“Salah satunya, guru tidak perlu mengejar target kurikulum, melainkan membekali siswa kemampuan hidup yang syarat dengan nilai penguatan karakter,” tambahnya.

Lebih jauh, kebijakan lain yang dikeluarkan Kemendikbud yakni pembatalan pelaksanaan Ujian Nasional (UN), penyesuaian ujian Sekolah (US) dan pendekatan online untuk proses pendaftaran calon siswa.

“Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) guna memenuhi kebutuhan sekolah selama pandemi Covid-19,” tutup Asnita Darwis. (Rls/Mr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.