Pemkot Palopo Kembali Targetkan Raih WTP dari BPK

MAKASSAR | KATASATU.co.id – Tak puas berturut-turut meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo kembali kejar target WTP untuk tahun 2019.

Hal tersebut, dibuktikan dengan penyerahan laporan keuangan 2019 oleh Walikota Palopo HM. Judas Amir, kepada Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulawesi Selatan Wahyu Priyono, Jumat (13/3/2020).

Bacaan Lainnya

“Predikat WTP dari BPK kali ini, Insha Allah akan kembali kita raih,” ujar Walikota.

Lanjut Judas, pihaknya akan selalu terbuka dan transparan, selama proses pemeriksaan. Selain itu dirinya mengintruksikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk tanggap merespon setiap kebutuhan BPK selama melangsungkan pemeriksaan.

“Contohnya jika, masih dibutuhkan kelengkapan berkas, agar secepatnya ditindaklanjuti,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala BPK Sulsel menjelaskan bahwa, dalam pemeriksaan setiap Pemerintah Daerah (Pemda) wajib memperhatikan empat kriteria, yang telah diatur dalam undang-undang nomor 15 Tahun 2004 dan nomor 15 Tahun 2006.

“Yakni kesesuaian laporan keuangan dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kecukupan informasi laporan keuangan, kepaturan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern,” pungkas Wahyu.

Lebih jauh, dirinya membeberkan empat jenis opini kepada Pemda, diantaranya WTP, WDP, Opini Tidak Wajar (Adverse Opinion) dan Opini Tidak Menyatakan Pendapat (Disclaimer of Oponion).

“Selama dua bulan, laporan keuangan yang diserahakan ini, akan kita periksa secermat mungkin,” tutup Wahyu. (Rls/Mr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.