Posko Covid-19 Palopo di Bubarkan, Wali Kota : di Alihkan Ditingkat RT/RW

PALOPO — Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo resmi bubarkan posko Covid-19 dalam apel yang digelar di pelataran Islamic Center, Kelurahan Takkalala, Kecamatan Wara Selatan, Senin (22/6/2020).

Dalam amanahnya, Wali Kota HM Judas Amir menuturkan bahwa, langkah pencegahan Covid-19 akan dialihkan ditingkat RT/RW masing-masing kelurahan.

Bacaan Lainnya

“Tetap perketat pengawasan, dengan mengikuti segala bentuk ketentuan yang telah di keluarkan oleh pemerintah pusat,” katanya.

Lanjut Wali Kota, tak lupa dirinya mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang terlibat melakukan pencegahan.

“Kurang lebih 3 bulan lamanya tidak ada waktu untuk istirahat dalam memantau masyarakat yang keluar masuk Palopo,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Palopo, turut melaporkan pelaksanaan skrining Covid-19 atau penapisan dan pengawasan bagi para pendatang.

Itu di mulai pada 25 Maret 2020 ditiga titik pos perbatasan yaitu Pos batas Palopo-Luwu (wara selatan), Palopo-Torut (wara barat), Palopo-Luwu (telluwanua) dan pos tambahan di Palopo-Bastem (mungkajang).

“Jumlah pelintas yang diperiksa tercatat 195.669 yang terdiri dari pendatang yang berasal dari daerah transmisi lokal dan non transmisi lokal baik dalam maupun luar negeri,” ujar Andi Farid Baso Rahim.

Terkait peta sebaran kasus dan pemantauan kesehatan berdasarkan data terakhir (21 Juni 2020) yakni ODP 163 kasus dimana seluruhnya telah dinyatakan sehat, PDP 12 kasus (1 meninggal dan 1 sementara dirawat) dan OTG 1 kasus.

“Untuk PDP tersisa 1 orang semnetara dalam perawatan di RS Bintang Laut, warga Kelurahan Batupasi, dan OTG (dalam pemantauan) warga Kelurahan Sabbamparu. Untuk 1 kasus positif sementara dalam perawatan di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar warga Ponjalae,” rincinya.

Dalam Apel turut dilakukan pencanangan posko pemantauan penyebaran Covid-19 tingkat RT/RW yang ditandai dengan penyerahan pedoman pelaksanaan tugas dari Wali Kota didampingi Wakil Wali Kota dan unsur Forkopimda.

Hadir pula, Sekda, Firmanza DP, para Asisten, Kepala Perangkat Daerah, Kajari, Tim kesehatan, TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satpol-PP, BPBD, Dinas Sosial, Dinas Pertanian, PMI serta tim relawan lainnya. (Rls/Mr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.