Tanggapi Komentar Dimedsos, HB : Saya Tegaskan Itu Fitnah dan Tuduhan Tak Berdasar

Haidir Basir bersama New forkot saat memberikan keterangan pers terkait tudingan nitizen terhadap kegiatan silaturahmi di kediaman ACM. Foto: Fatmawati

KATASATU.co.id — Tanggapi tudingan miring di media sosial (medsos) Facebook, terkait temu silaturahmi bersama Pj Walikota Palopo, Asrul Sani dengan komponen New Forum Kota (Forkot) pada Sabtu, 29 Oktober 2023 lalu, di kediaaman Andi Cincing Makkasau (ACM), Haidir Basir (HB) gelar Konfrensi Pers di Warkop Ruko Tua. Kamis, 2 November 2023.

Pada Konfrensi Pers itu, HB menyebutkan, bahwa, narasi pada kolom komentar di Media Sosial (medsos) Facebook yang diposting oleh akun Hari Kusuma Bahari, terkait pertemuan Pj Walikota dengan Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Palopo, Haidir Basir, dan beberapa anggota Parpol lainnya berpotensi pada penyalahgunaan kekuasaan (abuse of power) oleh Pj Walikota.

Bacaan Lainnya

“Terkait komentar saudara Hari Kusuma Bahari tersebut pada postingan Mano Jie ini, sekali lagi saya tegaskan itu fitnah yang sangat serius dan merupakan tuduhan tak berdasar dan bermuatan provokatif. Ini tuduhan yang mau merusak kredibilitas bapak Pj Walikota dan menyerang pribadi saya sebagai figur yang bermasalah serta memojokkan segenap komponen New Forkot yang hadir pada temu silaturahmi itu,” kata Haidir Basir yang akrab di sapa ayah HB.

“Kami menganggap isi dari komemtar itu sudah menyebarluaskan berita bohong dan ujaran kebencian melalui media sosial (medsos), sehingga akan berpotensi menciptakan polarisasi sosial keresahan masyarakat,” sambungnya.

Menurut HB, pada pertemuan tersebut tidak membahas agenda politik, dan kegiatan silaturrahmi itu terbuka untuk umum, yang dibuktikan dengan kehadiran sejumlah insan Pers.

“Padahal faktanya, pertemuan pada temu silaturahmi malam itu sama sekali tidak membahas agenda politik praktis apapun. Bahkan acara tersebut juga berlangsung secara terbuka dan diliput sejumlah pers,” ujar HB.

“Untuk itu. pada kesempatan ini saya bersama teman-teman New Forkot meminta kepada pemilik akun Facebook yang berkomentar tersebut, untuk segera meminta maaf kepada pihak – pihak yang menjadi sasaran fitnah dan ujaran kebenciannya. Apabila dalam waktu 3 x 24 jam hal itu tidak segera dilakukan, berarti oknum atas nama Hari Kusuma Bahari dinilai tidak punya itikad baik untuk bersama – sama meciptakan kehidupan yang kondusif di Kota Palopo, maka kami akan melakukan langkah – langkah hukum terhadap oknum tersebut untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” terang HB.

Hal senada juga disampaikan oleh Andi Cincing Makkasau (ACM) selaku tuan rumah pada acara temu silaturahmi tersebut, dengan tegas ACM menyatakan sangat keberatan atas komentar akun facebook Hari Kusuma Bahari.

“Saya selaku tuan rumah pada acara silaturahmi bersama bapak Pj pada sabtu malam 28 Oktober lalu, sangat berkeberatan dengan adanya postingan di Facebook bahwa pertemuan yang dilakukan bersama Pj Walikota dan Ketua PPP dan beberapa anggota parpol lainnya adalah agenda politik pihak tertentu, padahl itu murni silaturahim bersama bapak Pj,” tegas ACM.

 

“Dan kalaupun ada pertemuan politik, ini salah alamat kenapa harus melapor di Facebook. Kenapa tidak melapor langsung ke Bawaslu bahwa di rumah ACM ada pertemuan politik antara Pj dengan tokoh – tokoh politik yang ada. Kemudian saya tidak mungkin memposting di Facebook kegiatan di situ kalau memang ada nuansa politik. Saya ini mantan Ketua HarianPartai Golkar, saya tahu betul  yang mana namanya silaturahim dan yang mana pertemuan politik,” sambung ACM.

Terkait hal tersebut, ACM dan sejumlah tokoh yang hadir dalam konferensi Pers di Warkop Ruko Tua di Jalan Andi Djemma itu memberikan kesempatan 3 X 24 jam kepada pemilik akun medsos facebook Hari Kusuma Bahari untuk segera meminta maaf.

“Kalau memang pemilik akun medsos facebook Hari Kusuma Bahari tidak meminta maaf dalam waktu 3 x 24 jam, saya pun akan melapor di Polres, saya keberatan terhadap pernyataan yang ada di facebook”, tegasnya.

Sementara itu perwakilan dari New Forkot dan KBPPP akan melakukan hal yang sama, yaitu  akan mengambil langkah – langkah hukum jika dalam waktu yang diberikan tidak meminta maaf kepada pihak – pihak yang dimaksud dalam komentar yang di postingnya.

Sebelumnya temu silaturahmi yang diadakan di kediaman ACM pada Sabtu malam, 28 Oktober 2023 ini merupakan acara terbuka yang dihadiri Pj Walikota Palopo Asrul Sani, anggota FKPPI, Pemuda Panca Marga (PPM), serta beberapa komunitas warkop yang eksis di Kota Palopo, seperti Warkop Pantilang, Pojok, Klindoro, Ruko Tua, Dg Sija, Kampis, Warkop Cappo, Kedai 27, Oto Teknik Cafe.

Apa yang dilakukan Pj Walikota Asrul Sani menghadiri undangan dari warga masyarakat, adalah sebuah itikad baik serta merupakan bagian dari tugasnya untuk membangun komunikasi dengan semua elemen, untuk mendengarkan langsung aspirasi warga sambil bersilaturahmi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *