Via Teleconference, Wali Kota Palopo Ikuti Pengumanan Hasil Lomba Total Hadiah Rp168 Miliar

Wali Kota Palopo, HM. Judas Amir didampingi para pejabatanya saat mengikuti pengumuman hasil lomba penganugerahan inovasi daerah tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19 Tahun 2020, oleh Mendagri via Teleconference

PALOPO — Pengumaman hasil lomba penganugerahan inovasi daerah tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19 Tahun 2020 oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), di ikuti Wali Kota Palopo, HM. Judas Amir via Teleconference, Senin (22/6/2020).

Penentuan juara dari tim penilai terdiri dari empat klaster yaitu, Klaster Provinsi, Kabupaten, Kota dan Daerah tertinggal. Selain meraih penghargaan, setiap pemenang juga mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) degan total Rp168 Miliar.

Bacaan Lainnya

Terdapat tujuh sekotr yang diperlombakan yaitu pasar tradisional, pasar modern, hotel, restoran, tempat pariwisata, transportasi umum, serta Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Kepala Kemendagri, Tito Karnavian kepada seuluruh Kepala Dearh agar mempersiapkan diri, dimana berbagai negara telah memberikan inovasi dengan kata lain tatanan New Normal (normal baru).

Lanjut Tito, tatana baru merupakan tahap pengenalan agar seluruh masyarakat siap dan mampu beradaptasi pra kondisi dengan membuat protokol kesehatan dalam berbagai sektor kehidupan.

“Lomba ini seluruh Pemda diminta untuk membuat video dengan durasi 2 menit yang menggambarkan protokol kesehatan dan simulasi di semua sektor yang di lombakan,” katanya.

Dimana dalam pembuatan video setiap Pemda wajib menyusun protokol kesehatan dan melibatkan ahli kesehatan dalam bekerja sama dengan stakeholder di daerah masing-masing.

“Agar menarik selain piagam juga akan diberikan DID untuk pemenang pertama setiap sektor. Dari setiap Klaster daerah akan diberikan DID sebesar Rp3 Miliar, pemenang kedua Rp2 Miliar dan pemenang ketiga Rp1 Miliar, dengan jumlah tota 84 pemenang.,” tandas Mantan Kapolri itu.

Video hasil dari pemenang, selanjutnya akan disosialisikan ke publik termasuk melalui media massa, media sosial, agar dapat menjadi bahan edukasi masyarakat.

Sementara itu, Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan bahwa, seluruh negara di dunia menghadapi pendemi covid-19 termasuk seluruh wilayah di indonesia mengalami dampak yang sama.

“Pemerintah dalam mengatasi pandemi covid-19 menempatkan kesehatan dan keselamatan menjadi prioritas utama yang juga meningkatkan pelayanan medis agar mereka yang terpapar dapat ditangani dengan baik,” imbaunya.

Adapun para pemenang untuk sektor Pasar tradisional diraih oleh Provinsi Bali, Sektor Pasar Modern diraih oleh Kabupaten Aceh Tamiang, Sektor Restoran diraih oleh Provinsi Lampung, Sektor hotel diraih oleh Kota Pekanbaru, sektor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) diraih oleh Kabupaten Trenggalek, sektor transportasi umum diraih oleh kota Bengkulu dan sektor tempat wisata diraih oleh Kabupaten Sigi.

Untuk diketahui tahapan lomba inovasi ini mulai disosialisasikan mulai tanggal 29 Mei 2020, pembuatan dan pengiriman video pada tanggal 1-15 juni 2020, penilaian dilakukan pada tanggal 16-19 juni 2020 dan pengumuman pemenang tanggal 22 juni 2020.

Turut hadir mendampingi Wali Kota, Sekda, Firmanza DP, Kadis perdagangan, Zukifli Halid, Kadis Perindustrian, Akkaseng, Kadis Pariwisata, Ilham Hamid, Plt. Balitbangda, A. Enceng, dan Kabag Humas Setda, Wahyudin. (Rls/Mr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.