Wali Kota Palopo-Forkopimda Ikuti Rakorsus Kemenko Polhukam RI via Teleconference

PALOPO — Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, ikuti rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Tingkat Menteri dilantai III ruang rapat pimpinan, Kamis (13/8/2020).

Diadakannya Rakorsus tersebut, berdasarkan surat Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia (Kemenko Polhukam RI) Nomor:UN-1234/SD.00.1/8/2020.

Bacaan Lainnya

Dalam rapatnya via Teleconference, Wali Kota turut didampingi unsur Forum Kooordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), yang membahas terkait pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020.

Intruksi itu, tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian wabah Covid-19.

Menko Polhukam RI, menyampaikan latar belakang dari Inpres Nomor 6 Tahun 2020 adalah tidak dapat diprediksinya kapan covid ini berakhir dan adanya tuntutan tentang kenormalan kembali menyesuaikan dengan situasi covid-19.

Untuk itu Presiden RI mengeluarkan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 guna mengawal secara khusus peningkatan disiplin dan penegakan hukum Dikatakan secara khusus karena situasinya khusus,” kata Mahfud MD.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tito Karnavian, mengatakaan, penertiban Inpres Nomor 6 Tahun 2020, merupakan bukti keseriusan pemerintah menekan penyebaran Covid-19.

Wakapolri Komjen Gatot Eddy menyampaikan bahwa instruksi presiden kepada polri dalam Inpres Nomor 6 Tahun 2020 yaitu beri dukungan kepada gubernur/bupati/walikota dengan kerahkan kuat polri dalam pelaksanaan protokol kesehatan di masyarakat.

Sementara itu, Wakil Jaksa Agung RI Setia Untung Arimuladi, siap melakukan koordinasi dan kerjasama dengan seluruh stakeholder terkait dan penerapan sanksi diharapkan mengedepankan tindakan persuasif dalam penegakan hukum protokol kesehatan jika hal itu tetap dilanggar sanksi denda dapat diberlakukan, penegakan hukum pidana kiranya menjadi opsi paling akhir. (Rls/Ft)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.