oleh

Digelar Sederhana, Pemkab Luwu Peringati HUT Ke-15 Belopa

LUWU — Peringatan HUT Ke-15 Belopa sebagai Ibu Kota Kabupaten Luwu, digelar diruang rapat paripurna DPRD Luwu, Sabtu (13/2/2021).

Kegiatan tersebut dimeriahkan secara sederhana mengingat masih pandeminya wabah Covid-19.

Seluruh rangkaian acara disaksikan melalui virtual, dan dapat disaksikan melalui official Fanpage Facebook dan Youtube Dinas Kominfo.

Mengawali acara, Ketua DPRD, Rusli Sunali membuka rapat paripurna, dilanjutkan pembacaan sejarah singkat Belopa.

Bupati, H Basmin Mattayang dalam sambutannya menggambarkan bagaimana pemaknaan secara jernih terhadap hakekat hari jadi belopa.

” Luwu adalah suatu manifestasi kewilayahan di Tanah Luwu yang telah memberikan sumber kehidupan sesuai Motto ‘Wanua Mappatuo Naewai Alena’, artinya apa saja yang ditanam di Tanah Luwu ini akan tumbuh subur sebagai sumber kehidupan dan kemakmuran rakyat,” jelasnya.

Lanjut dijelaskan Luwu memiliki potensi yang cukup besar, mulai dari sektor pertambangan, pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan hingga perikanan dan kelautan yang terbentang luas.

“Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada gubernur dan wakilnya, atas perhatiannya selama ini yang telah membuka keterisolasian masyarakat di Kecamatan bastem Utara, Walenrang Barat dan Latimojong dengan membangun infrastruktur jalan dan jembatan sehingga hasil komoditas masyarakat dapat lebih cepat dipasarkan,” ungkap Bupati.

Sementara itu, Wakil Gubernur, Andi Sudirman Sulaiman dalam virtualnya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pemerintah Kabupaten Luwu

“Luwu akan menjadi sentra perhubungan dari semua pusat pusat pembangunan strategis di wilayah Luwu Raya,” paparnya.

“Program-program strategis seperti pembangunan Infrastruktur jalan dan jembatan yang dilaksanakan pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Luwu, nantinya akan menjadikan Kabupaten Luwu sebagai sentra perhubungan, dimana akan terjalin konektifitas transportasi yang akan menghubungkan Kabupaten Luwu dengan Kabupaten Tana Toraja dan wilayah Ajatappareng,” tambah wakil gubernur.

“Terhitung sejak akhir 2018 hingga tahun 2021 ini, kurang lebih Rp217 Miliar telah dikucurkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk kabupaten Luwu,” tutupnya.

Dalam kesempatan itu, Pemkab Luwu mendapatkan bantuan dana CSR dari Bank Sulsel Cabang Belopa sebesar Rp496 Juta untuk RTH Kota Belopa.

Turut hadir, Wakil Ketua I, Wakil Ketua II dan para anggota DPRD, Para Staf Ahli dan Asisten Bupati, Kapolres, Dandim 1403/Swg, Kajari, Ketua PN, Maddika Bua, Sekretaris KNPI Sulsel, Sekda, Ketua PA, Ketua TP PKK, Ketua IKA DPRD, dan Ketua Persit. (Red)

Komentar