Jelang Ramadan Harga Cabai di Palopo Makin Pedas!

  • Whatsapp

PALOPO — Sebentar lagi seluruh umat Islam di dunia akan menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1442 Hijriah Tahun  2021 Masehi.

Meski demikian, penentuan awal Ramadan di Indonesia akan ditentukan melalui sidang isbat yang sedianya dilaksanakan pada 12 April 2021 mendatang.

Bacaan Lainnya

Hal yang biasa terjadi di detik-detik momen tersebut yakni dimana harga kebutuhan pokok mulai mengalami kenaikan.

Dari hasil pantauan di Pasar Andi Tadda, Selasa (30/3/2021) sore tadi, harga kebutuhan dapur seperti cabai, tomat dan bawang kini mulai melonjak tajam.

Dikatakan Sultan (60), salah satu pemicu naiknya harga cabai dan tomat adalah musim yang tidak menentu, dimana saat kemarau, harga cabai akan naik.

“Di musim hujan, harga tomat ikut mengalami kenaikan. Untuk harga cabai saat ini berada di kisaran Rp 60 ribu dan tomat Rp 7 ribu per kilonya,” ucap salah satu pedagang

Diakui Sultan, menjelang bulan suci Ramadan harga kebutuhan utama dapur tersebut akan naik 50 sampai 80 persen.

“Soal kenaikan harga, sudah menjadi hal biasa, dan sering terjadi di hari-hari tertentu, terlebih menyambut Ramadan,” ujar Sultan.

Tak dapat dipungkiri, hal yang sama juga terjadi untuk bawang merah dan bawang putih. Untuk perkilonya, bawang merah seharga Rp 35 ribu.

“Harga bawang putih per bijinya Rp 5 ribu. Semua akan naik diawal Ramadan, namun kembali di pertengahan puasa,dan naik menjelang lebaran,” jelas Intan (52) yang juga salah satu pedagang.

Diketahui, selain tomat, cabai dan bawang, harga kebutuhan pokok lainnya, juga diperkirakan mengalami kelonjakan menjelang Ramadan. (Mg/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *